Pages

Saturday, January 17, 2009

Cara Merawat Flash Disk Agar Tahan Lama

Kebutuhan akan tempat penyimpanan data yang relatif besar dan mudah digunakan membuat flash disk menjadi barang yang wajib dimiliki. Apalagi bentuknya yang mungil menjadikan perangkat yang diciptakan pertama kali pada tahun 1998 ini demikian praktis untuk dibawa ke mana-mana.
Agar flash disk tetap terjaga dan bisa bekerja dengan baik, ada beberapa hal yang patut diperhatikan dengan saksama. Pertama adalah menjauhkan flash disk dari benda-benda yang memiliki medan magnet yang kuat seperti televisi,
radio dan ponsel. Medan magnet yang terlampau kuat menjadi hal yang kerap membuat flash disk rusak. Selain itu, hindari flash disk terkena suhu panas yang terlalu tinggi, percikan air dan benturan karena hal ini dipastikan dapat merusak flash disk secara permanen. Di pasaran Anda bisa menemukan beberapa merek yang tahan air dan benturan, namun kendati demikian tak ada salahnya bukan untuk mencegah terjadinya hal-hal tersebut? Pastikan saat Anda meng-copy data ke flash disk, data tersebut sudah bebas dari serangan virus. Kalau flash disk sudah terjangkit virus yang berbahaya, tak jarang satu-satunya solusi adalah dengan memformat ulang. Langkah ini dikhawatirkan justru akan membuat usia flash disk menjadi lebih pendek. Jangan lupa untuk selalu menggunakan perintah "stop" atau "eject" sebelum Anda melepas flash disk dari port USB. Selain membuat flash disk cepat rusak, mencabut flash disk secara sembrono bisa membahayakan data yang ada di dalamnya. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan tutup flash disk supaya terhindar dari kotoran. Sangat dianjurkan untuk tidak terlampau sering melakukan proses hapus - tulis (delete - write) mengingat flash disk juga memiliki usia yang terbatas. Demikian pula saat bekerja, simpanlah data atau dokumen di dalam hard disk terlebih dahulu, jangan langsung ke flash disk. Hal ini dimaksudkan agar temporary file tidak akan tersimpan di dalam flash disk. Masuknya temporary file tentu akan menambah tugas flash disk dan otomatis mengurangi usianya.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Yang sopan ya :)