Pages

Saturday, December 20, 2008

Cermat Menggunakan Unit AC

Air Conditioner (AC) adalah salah satu perabot elektronik yang membutuhkan daya besar. Oleh karena itu, harus diperhatikan penggunaannya.
Menggunakan AC sudah merupakan hal lumrah. Apalagi di daerah tropis yang cenderung berhawa panas. Di rumah maupun kantor, AC merupakan sarana andalan untuk mengusir udara panas.

Dewasa ini, orang cenderung menggunakan AC secara berlebihan. Padahal AC termasuk perabot elektronik berdaya listrik besar. Akibatnya, penggunaan listrik di rumah pun bisa membengkak karenanya.
Mulai sekarang kontrollah penggunaan AC di rumah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut, untuk mengontrol penggunaan daya listrik pada AC.

1. Jika ingin membeli AC, pilihlah produk AC yang hemat energi.

2.Sesuaikan kapasitas AC dengan luas dan volume ruangan. Cara menghitungnya bisa Anda lihat di bawah kolom info ini.

3.Matikan AC jika ruangan sedang tidak digunakan. Jika ruangan tidak akan dipakai dalam jangka waktu lama, cabut AC dari stop kontaknya.

4.Gunakan timer untuk membuat AC otomatis mati, ketika ruangan sudah cukup dingin.

5. Atur suhu dari AC sesuai kebutuhan. Misalnya pada suhu 23-25 derajat celcius, tidak perlu mengatur suhu ruangan pada level terendah (18° C). Selain tidak baik untuk kesehatan, suhu terlalu rendah juga membuat AC bekerja terlalu keras. Akhirnya daya listrik yang dibutuhkan juga besar.

6. Lakukan perawatan AC secara berkala dan teratur. Perawatan yang baik akan menjaga AC tetap dingin. Anda bisa menghemat 20% pemakaian listrik, dengan memberikan perawatan yang baik untuk AC di rumah Anda.

7.Jaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas. Usahakan tidak terlalu banyak sinar matahari yang masuk. Pada dasarnya, AC bekerja dengan menyerap panas ruangan. Jika udara panas berlebih, otomatis AC bekerja lebih keras.

0 comments

Post a Comment

Silahkan Berkomentar, Yang sopan ya :)